Dasar Keadaan

Ammar Motoin


Bukan sebuah hal yang mudah menurut gua ketika lo harus bonding dengan cepat dan ngerjain banyak banget tugas esktra diluar kewajiban gua sebagai mahasiswa. Gua awalnya gatau kalo tugas tugas di fasilkom itu kayak dosa, banyak banget. Terus harus ditambah sama banyak juga tugas di BEM terlebih gua ada di departemen olahraga yang tugas tugasnya tuh gabisa diselesain dengan nempelin pantat ke lantai terus megang pulpen sama kertas atau laptop.

Semenjak gua memasuki dunia perkuliahan, banyak banget hal yang berubah dibeberapa aspek dalam hidup gua. Dan salah satu hal yang pernah gua ceritain sebelumnya, gua gapunya temen sebanyak gua di sma. Malah yang gua rasain, terlalu banyak waktu yang gua habisin cuma sendirian, ya oke di Fasilkom rame, tapi gua kesepian. Entah gua yang kurang ngedeketin orang, atau emang orang orang gamau deket sama gua. But it's okay lah, just like weather, life changes. Dan disebuah tempat yang cukup baru untuk gua, yang dimana gua masih sangat buta, gua gapunya temen. Ketika seharusnya gua yang bener bener terombang ambing di dunia fasilkom ini mencari teman, tapi entah kenapa gua sering banget ngerasa ga punya temen. ...

Dikarenakan faktor diatas yang berubah drastis, akhirnya gua coba mengikuti beberapa kepanitiaan dan organisasi, dengan harapan gua nemuin teman baru yang pas sama gua. Gua ikut kepanitiaan ini, kepanitiaan itu, akhirnya gua nyoba sesuatu yang terbilang baru buat gua. Gua ikut BEM. Ya walaupun gua gak kayak mahasiswa kebanyakan yang turun kejalan mengatasnamakan rakyat, gua masuk ke Departemen Olahraga.

Kerja setahun, gua bareng sama tiga belas temen gua yang menurut gua hebat - hebat. Oke gua boong. Mereka semua tai. Wkwk. Tapi serius. Mungkin kalo gua disuruh ngerjain tugas yang sama tapi enggak bareng orang orang kayak mereka yang bondingnya cepet banget, gua mungkin bakalan jenuh dengan waktu yang sangat cepat.

Gua gak cukup Atlet untuk dibilang Atlet tapi gua juga gak cukup Geek untuk dibilang Geek. Gua gapunya alasan sebenernya kenapa gua masuk ke Depor. Ya oke alasan gua masuk bem awalnya untuk nyari teman dan relasi, tapi sebenernya kenapa depor gua gatau sama sekali. Pilihan bodoh menurut gua.

Singkat cerita, gua ngerjain tugas dan wawancara, gua akhirnya masuk depor. Padahal dulu gua magang di divisi sebelah, tapi akhirnya masuk depor, entah dengan perhitungan apa. Gua kerja bareng Koorbid, Kadept, Sahabat, Staff sama Energi tambahan. Gua bakal kasih fotonya satu satu bareng definisi singkat dari gua wkwk.



 DHANU
Koorbid Minat Bkat BEM Fasilkom UI 2016. Sosok mengayomi bijaksana yang super setia sama pacarnya, gapernah selingkuh, mulai mengurangi ngerokok, selalu bayar jajanan, dan gapernah sedikit pen menyentuh minumat beralkohol.



KHOLID
Seorang alumni sebuah pesantren di padang. Kadepor 2016. Seorang manusia yang pernah jomblo selama belasan tahun dan (diindikasikan) sudah mengakhirinya diharbolnas 2016. Cuma dia, pacarnya dan Tuhan yang tau kebenarannya...


FARIS
Deputi Kholid. Punya pacar anak FK (cakep hehe). Salah satu orang yang paling disiplin di Depor, karena dia orang yang paling sedikit jumlah bangun kesiangannya di antar anggota depor lain.

USO
Manusia terganteng difasilkom dengan wibawa yang paling tinggi. Tidak pernah tiba tiba mempraktekan gerakan gerakan aneh yang non sense. Sejauh ini masih lulus semua matakulaih. Terakhir pacaran tidak 2tahun, tapi 22 bulan hehe

DINDA
Cewe yang ukuran badannya kayak cowo. Rumahnya pernah dipake buat nginep depor. Pernah nginepin gua sama izzat dirumahnya. Jatuh cinta dengan salah seorang depor teknik hehehe. Udah genap 20 tahun dia gapernah sholat.

YANA
Adek kelasnya Kholid. Cuma kayaknya beda sma hehe. Kalo ngomong bahasa padang, udah kek bukan yana lagi wkwwk. Dia satu satunya cewe depor yang (ga) ngerti porn joke.

ICHA
Salah satu agit baik pada masanya. Satu satunya mahasiswa (bisa nulis rapih dan bisa dibaca oleh orang lain -red) di depor. Masuk depor lalu putus :((

KALISTA
Sahabat depor rasa Staff hehehe. Paling strong didepor. Paling trap. Sedang berdoa semoga dipersatukan dengan seseorang yang nan jauh disana(Jerman -red). 

 RIMAN
Tha boy who is most manly di depor. Mau motong rambut, alis, jenggot, bulu kuping, bulu idung, bulu jemmmmmmmmpol, tapi gamau motong kumis. Rumah di bilangan kali malang, pertim 2. Dan Fakta yang paling mencengangkan adalah, dia mantanya Andania Suri. DAR! Gausah ngaku ganteng lo kalo lagi deket sama riman. Wkwk

\
RIZAL
Manusia depor yang turun kejalan. Dia pernah magang di kajian aksi strategis. Punya lapangan modular, tergantung cuaca. Kalo lagi panas jadi lapangan, kalo ujan jadi kolam. Fakta dari rizal adalah, dia menang kompetisi Microsoft, dan dia worth 2 Milyar rupiah. Ada yang mau nikah?

FAJAR
Aslinya jauh lebih ganteng dari difoto, tapi gak lebih ganteng dari riman. Udah punya cewe. Cuma gatau masih apa enggak. Hehe. Calon Asdos Statprob (Semacam matakuliah susah gitu, cuma dewa yang bisa jadi calon asdos).

IZZAT
Ketua kontingen. Punya mantan yang dulu pernah jadi pilihan yang salah hehe. Kecanduan naik gunung dan kegiatan dengan alam. Punya temen deket dokter :)


AMMAR
Tenaga Ekstra nya depor. Dia sama Neymar punya kesamaan dan perbedaan, kesamaanya adalah sama sama jago gocek. Perbedaanya adalah Neymar ngegocek bola, ammar ngegocek cewe hehehe. Anak Dekan Fakultas sebelah.


Balik kek keputusan bodoh yang gua ambil, gua cukup lelah sih sebenernya dengan kerjaan setahun terakhir, banyak hal yang melelahkan udah gua lalui dengan job job dari depor. Tapi jujur itu bikin gua berkembang. Ya karena rapat depor yang gapernah dua jam, biasanya tiga jam atau empat jam, akhirnya waktu gua untuk ngerjain tugas mata kuliah untuk hari esoknya jadi sedikit. Kayak yang gua bilang tadi, gua berkembang. Gua jadi tau cara nyari contekan yang baik dan efisien gimana. Wkwk.

Jujur, kehidupan perkuliahan gua jadi sangat berubah karena ketiga belas orang itu. Seru aja gatau kenapa. Mereka unik. ada kadep yang (katanya) baru pacaran, ada temen yang udah 4 tahun pacaran tapi tikang tikung, ada temen ganteng yang benihnya dimana mana, ada yang nungguin orang kuliah di jerman, ada yang baru putus.. Seru. Makin deket. Makin tau dan setiap tugas yang harus dikerjain malah bikin semua makin bonding. Makin enteng ngerjainnya. Dan ya kayak biasa, gak ada yang rapih kalo udah dikerjain. Pasti ada kegoblogan dan lain lain.

.

Selalu seneng sama apa yang gua jalanin di sana. Gua selalu nunggu waktu gua terbuang buat rapat. Gua tau waktu gua terbuang, tapi bareng mereka gak ada waktu terbuang yang sia sia. Ngomongin mau danusan risol mayo atau kue ali, 2 jam. Gimana ga kebuang wkwk. Gua selalu nunggu hari sabtu, siapa yang dateng paling telat. Siapa yang dateng paling awal. Siapa yang dicengin hari ini. Siapa yang bawain makanan waktu kita kumpul. Siapa yang ngambil paling banyak. Siapa yang hari ini bawa gosip. Siapa yang hari ini bangun kesiangan. Siapa yang ini. Siapa yang itu. Gua selalu nunggu hari ini dateng. Hari dimana ada jadwal, bisa ngumpul ber empat belas.

"Dekan cup besok voli, ini, ini, ini sama ini." Yang laen ngeluh sabtunya jadi seharian di lapangan pnj sampe sore. Gua juga ngeluh, capek cuy, tapi gua seneng di hari sabtu gua tuh bisa bareng bareng. Bisa seharian tanpa laptop. Bisa seharian gua berkomunikasi secara langsung dan tanpa bantuan perantara apapun. Komunikasi yang sesungguhnnya. Gua seneng bisa berguna dan diakui keberadaan gua. Seneng bareng orang yang ngerti gua capeknya gimana. Dan waktu match di hari itu abis, yaudah, saatnya gua buat nunggu rapat mingguan dan match berikutnya di dekan cup atau something else gua bareng mereka.

Datang lah olim selama satu bulan. Dengan target awal  5 emas yang harus di emban wkwk. Sebuah mimpi yang pada akhirnya terlampaui. Alhamdulillah. Semangat banget gua olim. Bukan fakultas besar, tapi tetep lah euforianya harus kerasa. Seneng banget gua kontingenan dan supporteran. Masih kayak dulu, gua selalu nunggu jadwal tiap hari kapan fasilkom main. Itu tandanya, gua bisa ketemua sama mereka semua. Bareng bareng nemenin kontingen, beli air, teriak teriak. Kalo match hari itu abis, tenang, masih ada besoknya. Gua bisa jalan ke lapangan bareng lagi. Ngulangin semuanya lagi, ketemu mereka lagi dan teriak teriak bareng lagi.

Sampe akhirnya gua mulai inget, kalo akan ada hari, dimana match dihari itu berakhir, gua gabisa bilang "tenang, masih ada jadwal besok.". Performa gua ketika gua udah inget ini sangat turun. Gua gak semangat nemenin atlet, gua ga semngat beli air, gua ga semangat teriak teriak. Karena gua mulai inget, setiap kali gua ngelakuin itu, semakin menipis jatah kesempatan gua untuk ketemu sama orang orang itu. Makin deket gua untuk bilang, "Wah iya, jadwal untuk besok udah gak ada. Olim kelar.". Mulai dari merhatiin setiap hal yang ada di diri mereka, sampe ngelakuin hal konyol, kayak melanin motor waktu mau ke lapangan, dengan harapan, waktunya juga melambat. Gua gamau ngelewatin momen momen itu, bareng mereka.

Yaa tapi mau gimana, emang dasar keadaan...emang saatnya udahan. Emang keadaan yang nyuruh buat semuanya balik lagi ke urusan masing masing. Untuk keluar dari wadah yang pernah bikin empat belas kepala ini jadi ada di satu tempat. Dan emang dasar keadaan yang bikin gua lupa, kalo harapan gua diawal bem untuk dapet temen baru yang pas buat gua itu gak tercapai. Gua malah dapet keluarga baru yang pas sama gua.

...

Dasar keadaan

yang bikin gua ngambil keputusan bodoh

yang nyatuin gua sama ke tiga belas orang itu

yang dari awal bikin gua lupa, kalo setiap awal pasti ada akhir

yang bikin gua pernah berdoa buat ngeberentiin waktu. Biar ga berlalu

yang bikin gua kembali jatuh cinta.


Huh, dasar keadaan!

yang pada akhirnya mengizinkan gua

untuk ngambil keputusan bodong ini,

sekali lagi.







...


Dasar Keadaan!

8 komentar: