Berharap dan Berekspektasi

Adalah sebuah hal yang berbeda menurut gua antara berherap dengan berekspektasi. Ada sesuatu yang "sedikit berlebihan" yang bikin berharap dan berekspektasi ada di dua sisi yang beda.

Sederhana nya gini, "berharap sama berekspektasi" tuh sama aja bedanya kayak "temen sama demen".
Menurut gua harusnya keduanya sama aja antara temen sama demen, yang bedain cuma ada "sedikit berlebihan" yang bikin itu jadi beda.
Kayak gini, gua punya prinsip, "lo bisa aja Memberi tanpa Mencintai, tapi lo gabisa Mencintai tanpa Memberi.". Nah prinsip ini bisa banget nih di terapin di konsep Temen sama Demen.

Menurut gua lo boleh boleh aja ngasih sesuatu ke temen lo, dan menurut gua juga masih sah sah aja kalo lo mencintai temen lo. Lo bisa aja ngasih dia uang, lo bisa ngasih dia makanan,lo bisa ngasih dia perasaan, lo bisa ngasih dia waktu. Bisa aja menurut gua, gamasalah.

Yang masalah yang gimana?

Yang masalah ketika garis pembeda kecil yang disebut "sedikit berlebihan" itu udah mulai muncul.
Lo ngasih temen lo uang, tapi sedikit berlebihan. Ini gak bakal jadi demen sih, cuma ini ya ga baik juga wkwk.
Lo ngasih temen lo waktu, tapi sedikit berlebihan. Hal hal kayak gini yang pada akhirnya bikin demen. Lo jadi sedikit memprioritaskan dia dibanding sesuatu hal lain yang lo ambil sikap biasa aja. Mungkin yang biasanya lo futsal mingguan, atau lo selalu nongkrong sama temen temen lo di kantin, cuma karena lo ngasih waktu yang "sedikit berlebihan" lo akhirnya mengesampingkan yang lain yang seharusnya gak di interupt, tapi lo prioritasin doi cuma gara gara lo ngasih waktu yang "sedikit berlebihan", akhirnya apa? Demen.
Sama lo ngasih temen lo perasaan, tapi sedikit berlebihan, ini juga ga bener menurut gua. Kalo di dunia coding ada yang namanya error sama warning. Ngasih perasaan sih menurut gua belom masuk kategori error, tapi masih warning, tapi waktu udah sedikit aja berlebihan, ini jadi fatal error sih. Akhirnya yang harusnya cuma temen, akhirnya jadi demen.

Sama aja kayak "Berharap dan Berekspektasi" ...

Kalo bisa dibilang, berharap itu kayak lo ngasih waktu ketemen lo, terus berekspektasi itu lo ngasih waktu ke temen lo, tapi berlebihan. Jadinya ga baik.

Misalkan, gua hidup disebuah desa yang kekurangan air, cuma ada satu sumur di desa itu dan letaknya di tengah padang pasir, struggle dah kalo mau kesana. Gua ceritanya mau ngambil air nih buat keperluan sehari hari, termasuk minum. Gua udah haus banget ceritanya.

Berharap tuh gini, lo bawa dua ember kosong, sambil atau sebelom jalan, lo berdoa atau berkeinginan agar sumur yang mau lo samperin itu isinya masih penuh dan airnya bersih. Jadi bagaimanapun keadaan sumurnya, itu gak bakal memengaruhi lo dalam bentuk apa apa, paling air yang lo bawa pulang jadi sedikit. Itu doang.

Beda sama Ekspektasi,
Kalo ekspektasi, lo bawa dua ember kosong, sambil atau sebelom jalan, lo berharap, sambil mendoktrin diri lo, sambil ngebayangin dan seolah olah merasakan apa yang bakal terjadi kalo lo sampe sana terus sumurnya penuh dengan air yang bersuh. Biasanya ekspektasi tuh lupa ngebayangin kalo kejadiannya gak sesuai yang bayangin. Jadi waktu sampe sana dan airnya kosong dan juga kotor, lo bakal kayak bola yang udah tinggi banget terbang, terus di lempar ke tanah kenceng banget. Ekspektasi sering banget menciptakan bayangan bayangan indah sampe lupa kalo bolanya terbang terlalu tinggi, bahkan sampe mungkin lebh tinggi dari yang didapetin.

Emang gitu
Kebanyakan orang yang ngaku jadi korban harapan palsu, sebenernya mereka cuma tenggelam didalam ekspektasi nya sendiri.

...

Gak ada salahnya menurut gua berharap, harus malah, biar semangat.

Gak ada salahnya juga menurut gua berekspektasi, tapi ini bahaya banget.

Karena disaat seseorang mulai berharap, ia mulai sadar betapa gak punya apa apa nya dia.

Tapi disaat seseorang mulai berekspektasi, ia mulai merasa apa yang belum tentu dia dapetin udah ada di genggamannya.

Mungkin dengan berekspektasi perjalanan akan terasa sangat nyaman dan cepat,

Tapi menurut gua ketika akhirnya gak sesuai ekspektasi, sakitnya akan jauh lebih hebat.


Gak ada salahnya menurut gua berekspektasi...

Gak ada salahnya sama sekali

Tapi disaat lo mandangin jarum pendek di jam dinding kamar lo dan lo mulai ngebayangin apa yang akan terjadi ketika jarum pendek itu ngelewatin angka dua belas,

Siapa yang bisa jamin kalo jarum pendek itu akan ngelewatin angka dua belas?

...



1 komentar: