Ke-tidak-pasti-an.

Disclaimer : Ini adalah post storytelling yang biasa aja dan panjang, jadi kalo tidak tertarik, berhenti dari sekarang sebelum kamu waste ur time.

Ada yang pernah bilang (atau mungkin dia nulis terus gua baca), menurut dia, kalo lo punya uang, pake buat jalan jalan. Sesedikit sedikitnya uang yang lo sisihin, pake buat jalan jalan, jangan dibeliin barang. Soalnya sebagus apapun barang yang lo beli pake duit itu, paling bertahan setahun dua tahun terus rusak. Udah. Tapi kalo lo jalan jalan, once ketika lo punya anak atau cucu, setiap jalan jalan lo bakalan bisa jadi cerita yang gak ada abisnya. Kurang lebih kek gitu, haha. Based on that, akhirnya gua kemaren jalan jalan dadakan, bareng adek gua (dika), ai, rizal sama kel.

Renacana awal emang pengen ke garut. Rencananya ke garut kota lalu meluncur ke garut selatan terus melarikan diri dari realita dengan camping di pantai. Yang penting kabur, deh. Empat hari sebelum berangkat, squad yang berangkat baru fix. Dadakan. Tapi karena rencana awalnya udah jelas mau camp dan membunuh waktu, akhirnya gua bawa dua tenda dan segala macem perlengkapan buat di outdoor lah. Sesuai rencana, kami berempat berangkat kamis malem (jam 23:00 tepatnya). Bawa mobil. Seperti seharusnya, macet. Banyak obrolan obrolan ga perlu yang terlontar. Tebak tebakan ga lucu kayak "Kue ulang tahun tuh ulang tahunnya kapan ya?" sampe riddle "empat orang pake topi hitam putih" (by the way, kalo lo mau riddle nya, bisa dm instagram gua aja, nanti gua tebakin wkwk). Sampe lelah dengan obrolan tadi, mulai ngobrol serius, dari horror sampe obrolan visioner dan quote-able. Obrolan malem itu yang gua inget (sebelum gua tertidur) adalah tentang pengen-ini-pengen-itu yang bermuara ke kesimpulan kalo kita tuh seringnya gak benar benar pengen apa yang kita butuh atau kita belom pernah rasain, tapi seringnya kita pengen apa yang kita ga punya, simply kayak gitu. Dan akhirnya tbtb sampe aja di garut waktu subuh (rijal bawa mobil ampe pagi wkwk).

Tempat pertama (yang sesuai rencana) adalah Cilopang. Silahkan take a break buat googling dulu wkwk bagus tempatnya. Cuma ternyata ditutup karena setiap hari jumat di daerah Cilopang tuh ada penambangan pasir (yang kemungkinan besar ilegal). Akhirnya kami rubah rencana. Googling destinasi menarik yang paling 'oke' deket kota garut, dan pilihan jatuh ke kaki gunung guntur. Kaki gunung guntur. Kata google sih disana ada tempat buat campingnya gitu deh, akhirnya kami meluncur tuh ke kaki gunung guntur yang surprisingly sangat dekat dengan kota garut. Parkir. Sikat gigi, cuci muka lalu repacking. Bawa alat seadanya include tenda buat camping.

Basecamp pendakian. Isi formulir. Jalan. Ngobrol. Agak lama. Berenti sebentar. Jalan lagi. Tiba tiba pos 1. Istirahat. Jalan. Sampe di point yang terjal banget. Sadar ini udah bukan kaki gunung guntur, ini udah di dengkulnya. Sampe di pos 2. Ternyata udah jalan lama. Akhirnya muncul pikiran pikiran, "Anjrit udah selama ini, masa pagi naek, sore pulang.". Sampe pos 3, tempat camping. Waktu liat bawah, ternyata kota garut keliatan semua. Kami diatas gunung, dengan rencana main kepantai. Most unexpected and unprepared hike yang pernah gua alamin. Converse, Chino, indomie empat bungkus untuk lima orang selama dua hari satu malam, tanpa sleeping bag. Penuh ke-tidak-siap-an yang akhirnya membawa kami berempat keatas.

Diatas rame. Waktu kami sampe atas, orang orang lagi pada sholat jumat. Sebelum sholat jumat ada upacara bendera 17 Agustus disana. Begitu nemu spot buat gelar tenda, kami langsung bagi bagi tugas, gua kel sama ai buat tenda, dika rizal masak, karena ternyata ini aktivitas outdoor pertama buat dika sama rizal, jadi tugas mereka yang emang ada dirumah aja lah, masak, haha. Waktu semua udah rapih, kami mengistirahatkan diri sampe cukup sore. Mulai senja, mulai ingin memenuhi list masing masing, mulai dari foto sama bendera sampe ai yang ke gunung bawa toga fullset. Fullset. Naik ketempat yang lebih tinggi. Sampe matahari udah galagi terlihat, akhirnya kami balik lagi ke tenda. Emang dasar 'berharap', foto bagus yang diambil dika pake kamera nya tbtb ilang semua. Jadi semua yang udah take tadi ilang semua. Sad.

Maghrib. Everything seems lyke "it's okay" tanpa sleeping bag, jaket yang proper dan kaos kaki tebel. Sampe ternyata 'pelajaran' dari hilangnya foto yang dengan susah payah didapatkannya itu gak ada apa apa nya di malam yang panjang menurut gua itu. -- Sedikit cerita, dulu gua pernah gejala hypothermia waktu gua naik ke papandayan dengan kondisi tracking malam dan kondisi hujan cukup lebat. Kondisi gua waktu itu kedinginan dalam waktu lama, sampe ujung jari gua mulai biru, pucet, sampe akhirnya gua gabisa menggigil lagi dan tubuh gua kedinginan banget tapi gua nya gak merasa kedinginan. Waktu itu gua cukup merepotkan, tapi syukurlah gua masih bisa turun dengan tidak hanya nama. -- Dan dimalam itu gua takut kejadian lagi. Jam 23:00. Gimana caranya gua gak kedinginan di dalem tenda. Kaos kaki double, jaket double, meluk diri sendiri. Tidur. Jam 23:30 bangun lagi. Tidur lagi. Sampe jam 00:30 gua keluar tenda, pake headlamp, dengan kondisi badan masih menggigil. Gua pengen ke basecamp pos 3, cuma boleh ada satu api unggun disana. Biar gak kebakaran. Gua turun ke basecamp dengan kondisi mata gua cuma bisa ngeliat lingkaran yang dibuat sama headlamp, kaki gua udah mati rasa, gabisa ngerasain jalan lagi. Gua takut pingsan men. wkwk. Cuma beneran. wkwk. Sampe akhirnya gua sampe di basecamp. Disana ada beberapa orang (penjaga pos, beberapa orang dari tangerang dan jawa tengah) yang akhirnya gua mulai normal lagi grgr api unggun itu. Sehat lagi. Tanpa sadar, gua memuji-Nya sesaat setelah gua ngerasain panasnya api unggun. Gua langsung inget obrolan tepat dua puluh empat jam yang lalu. Sepanjang hari gua punya apa yang malem itu gua gapunya. Panas. Dicabut sebentar tuh panas dari gua, terus cuma sebentar langsung dibalikin lagi, bersyukurnya setengah mati.

Api unggun terbaik sejauh ini, soalnya gua jadi punya temen ngobrol dari lintas daerah, tau banyak hal segala macem dari pertukaran cerita bareng mereka. Mungkin mereka lagi nunggu summit attack yang dianjurin jam tiga pagi. Ga berapa lama, dika sama rizal turun juga ke api unggun karena kedinginan di tenda. Mulai tidur di deket api unggun. Kayak gua bilang sebelumnya, ini malem yang cukup panjang. Jam tiga kurang tiba tiba ada satu rombongan orang dateng. Sempet jalan ga sesuai aturan gitu, nerobos pager dari kayu, nyelonong sana sini sampe penjaga pos nya upset gitu, dan ternyata salah satu dari rombongan mereka ada yang hypothermia. Cewek. Langsung dikasih tempat deket banget sama api unggun. Waktu ditanya ke empat orang rombongannya, mereka baru mulai naik jam setengah dua belas malam. Wew. What a decision, dude! Belum tiga puluh menit mereka sampe dan temennya yang hypothermia tadi di panasin, ada dari mereka yang bilang kurang lebih gini, "Summit attack, kuy! Dia disini aja, kita berempat naik!". Anjrit. Diwaktu yang sama Tuhan nonjok muka gua sambil bilang, "I let you stay up till u got here. I gave u some nice friends.". Lalu gua terpejam disisa malam yang ngasih gua lebih dari jutaan bintang yang bisa gua lihat diatas kepala gua.

Pagi.

Oiya, empat indomie yang dibawa akhirnya dimakan dua dihari pertama dan dipagi ini. Mie nya masih sama, indomie rasa soto. Yang masak juga masih sama, dika sama rizal, masih dengan racika mereka yang pake garpu kena pasir ditambah rumput rumput yang gatau gimana caranya bisa masuk ke panci. Milo juga galupa. Energi buat menang tiap hari, haha. Matahari mulai mengintip. Kami mulai merencanakan turun dan mengestimasi waktu, biar dihari yang sama, kami bisa sampai di garut selatan yang jaraknya sekitar tiga sampai empat jam dari garut kota. Rapih - rapih, jam sepuluh kurang kami turun. Relatif lebih cepat dari waktu naik kemarin, tapi kondisi entah kenapa lebih panas, mungkin karena ga mandi dua hari, hahaha. Beberapa ratus meter sebelum sampai di parkiran, kami berhenti buat istirahat. Mulai ngobrol tentang next destinations, tapi yang ada dikepala gua, sampe mobil, nyalain ac, duduk, cari tempat makan atau tempat bersih bersih segala macem. Sampe parkiran, ternyata dari kemarin, lampu sign gak dimatiin. Akinya abis. Mobil mogok. Harapan yang tadinya ada dikepala gua tiba tiba berubah jadi naro carrier di tanah terus dorong mobil bareng rizal, dika dan beberapa warga setempat yang bantu. "Again, y u guys not bersyukur waktu akinya ada, mobilnya jalan, ac hidup? Now I take that a while." Kurang lebih Tuhan bilang gitu.
Butuh sekitar satu jam sampe akhirnya mobil nyala. Di jumper pake aki mobil warga setempat, tapi gak pake kabel jumper, pake obeng sama kunci inggris. Wew. Mobil nyala. And again mensyukuri apa yang sebenernya udah dipunyain tapi lagi disita Tuhan sebentar.

Mobil mogok. Takes times. Terus waktu udah nyala ternyata lampu hazard nya entah kenapa error. Jadi tiap kali ngerem lampu hazard nya nyala. Kondisi gak kondusif, akhirnya makan dulu. Merumuskan banyak hal, mulai dari cari bengkel sampe balik ke bandung untuk play safe. Fix! Akhirnya memutuskan untuk ke garut kota dan cari bengkel, which is taking more time gitu. Tetiba, waktu mau menjalankan rencana tadi, lampunya bener gatau gimana caranya. Lagi, Tuhan dengan segala cara Nya bikin lima orang ini bersyukur with nothing more nothing less.

Karena mobil udah bener sepenuhnya, destinasi dirubah lagi ke pemandian air pana kawah talaga bodas. Cukup jauh. Penyadaran dan kesadaran mulai ditimbulkan, bahwa emang lagi disuruh bersyukur. Sampe terucap, jangan jangan kita diginiin adalah cara Tuhan menghindarkan kita dari sesuatu yang gak baik buat kita. Jangan jangan emang gak diizinin ke garut selatan karena Tuhan gamau kita kenapa napa. Everything's fine seperti semula, dan akhirnya sampe di talaga bodas,which is good. Ternyata dari parkiran sampe ke objek wisatanya harus jalan lagi sekitar 1200 meter, but it is okay, jadi kami jalan. Kebetulan jalannya bagus dan indah, jadi capek gak berasa, tapi disini kami melanggar beberapa hal, lyke ngomong ngasal, berisik dan mention hal hal yang mestinya gak dilakuin di alam liar. (Disini akhirnya "diajak kenalan" sama yang tinggal disana, tapi gak gua ceritain, next aja atau kalo ketemu langsung gua ceritain wkwk). Kawahnya ternyata bagus, mirip tangkuban perahu cuma jauh lebih sepi.

Dan lagi, berharap dan bersyukur mesti dijadiin materi pembelajaran disini. Waktu mau foto dan bikin video pake drone nya dika, baru terbang lyke dua atau tiga meter, drone nya jatoh. Gak bisa diterbangin lagi after that. He took something we had. Yaudah lah rusak itu drone, mau gimana lagi, akhirnya kami lanjut tuh jalan ke pemandiannya. Dipejalanan, mulai tersadarkan, "Sorry men, gara gara gua drone lo jatoh". "Untung jatohnya di darat, coba waktu manuver diatas kawah jatohnya, gak bisa diselametin lagi". Lagi. Tuhan ngehindarin masalah yang lebih besar pake masalah yang ga begitu besar. Lanjut mandi pemandian air panas dan jadi pengunjung terakhir yang palin lemot rapih rapih dan repacking nya. (Disini yang tadi ngajak "kenalan" dateng lagi. tapi gak gua ceritain lagi wkwk skip skip).

Rencana bermalam di garut gagal karena hotel mendekati jam 00:00 udah pada gak beroperasi sepenuihnya, akhirnya memutuskan buat ke Bandung ditengah malam, dengan harapan (berharap lagi) bisa tidur di apartemen nya kel, tapi ternyata ada aja lagi masalah wkwk, akhirnya tidur di rest area. Matahari masih buta, rizal meluncur ke jakarta dan sampe dipagi hari.

Udah segitu aja wkwk.

Terimakasih yang udah mau baca storytelling terbiasa aja yang pernah kalian baca.

Terimakasih juga kalian ber empat yang udah mau get lost bareng.

Terimakasih juga ke-tidak-pasti-an yang bikin perjalanannya jauh lebih menarik.

Jangan lupa, jalan jalan, teman teman!

Garut, 17 Agustus 2018

By the way yang baru sampe jam tiga kurang itu akhirnya beneran ninggalin temennya yang hypothermia sendirian di api unggun buat summit attack. goks!