Waktu, Dekorasi, dan Kalian.


Setahun yang lalu.



Sesuatu yang sulit menurut gua ketika gua harus menjalankan sebuah hal, dua kali. Kurang lebih setahun belakangan, secara kebetulan, gua mengajukan diri dan diamanahkan untuk menjadi kepala Departemen Olahraga BEM Fasilkom UI 2017. Sebuah hal yang untuk gua pribadi ya nggak mudah. Kalo di list kekurangan - kekurangan gua, banyak banget hal yang mendukung gua untuk gajadi maju pada waktu itu. Gak passion nyatet, manage uang gak bagus, gak sistematis, pelupa, item, jelek, tulisan jelek, dan gak banyak olahraga gua kuasain. Tapi entah kenapa gua tiba - tiba maju dan Alhamdulillah bisa lulus buat mengemban tugas itu selama setahun.

Jujur, bukan hal mudah buat gua ketika gua harus bangun semuanya dari awal. Misalkan gini, lo pernah punya kamar nih, kamar dengan warna kesukaan lo, dengan pajangan favorit lo, dengan kasur dan dekorasi kesayangan lo, terus tiba - tiba lo harus pindah rumah dan bikin kamar lo lagi. Pasti bakalan banyak banget distraksi dari memori yang akan membuat lo gak jauh - jauh bikin kamar yang baru mirip sama kamar yang sebelumnya udah lo tinggalin. Ini hal yang paling gua gamau ketika pada akhirnya gua bangun rumah gua yang baru untuk jangka waktu yang bisa dibilang gak sebentar.

Untung aja tiba - tiba Tuhan memberikan 12 anugerah - Nya dengan mengirimkan a very fuckin' normal people kedalam keluarga kecil gua yang baru.

Seorang mahasiswa Ilmu Komputer yang rambutnya pernah kayak gitu. LDR sama cewenya yang MUN ke hardvard dan jadi best delegate di Jerman sedangkan laki - laki ini hanya duduk - duduk di warkop iqbal makan gorengan sama es teh tarik sambil bakar rokok (menurut informasi warga setempat, rokoknya hanya dibakar, gak di hisap.). Sekarang semua rambutnya panjang, tapi yang bisa gua pastiin cuma rambut dikepalanya yang udah se pundak sama kumisnya yang udah suka ikut - ikut kuah indomie kalo lagi di seruput.


Satu - satunya anak Lampung yang ada di keluarga kecil ini. Gak punya cewe, dan sedang membuka peluang untuk cewe maupun cowo yang mau sama dia. Saking desperate nya, ia membuat fake account sendiri dengan nama seorang perempuan biar seolah olah dia lagi sibuk pacaran, padahal dia ngechat dirinya sendiri ke fake account itu, Menyedihkan. Project Officer CS League 2018, jadi mari kita doakan agar ia bisa bertahan hidup selama empat bulan hanya dengan makan kardus plus sambel kecap iqbal.

Orang yang sayang banget sama adeknya. Saking sayangnya, setiap gerak gerik adenya dimasukin snapgram. Btw dia mirip banget sama adeknya. Orang yang paling sporty di keluarga kecil ini. Motornya yang paling berisik diantara yang lain, sampe - sampe pernah parkir di Fasilkom, terus masih didalem lingkaran gedung A motornya udah dinyalain, terus dimarahin sama satpam. Paling jarang tidur kalo lagi rapat depor :)

Pernah janji gamau pacaran selama ujian kenaikan kelas 6 SD. Dimana ada kianu, disana ada Aqua untuk kontingennn. Motornya yang paling canggih diantara yang lain, soalnya waktu kita abis nemenin kontingen tennis lapangan, belom sampe parkiran nih masih 10 langkah lagi lah sampe parkiran, tapi ternyata tbtb motornya udah nyala. Bahkan dia bisa nyalain motornya dia dari kamarnya dilantai 2. WOW. Amazing. Yang terpenting adalah berkat dia, ukor tennis lapangan jadi punya banyak bola dan pelatihnya sekarang udah makin mantap! Btw kakanya bentar lagi nikah, terus depor diundang kenikahannya, doakan guys!

Orang paling cengeng mudah menangis di Depor. Orang paling hebat dalam urusan tikung menikung. Orang yang paling jarang makan McD. Orang yang paling jago ssi (speak speak iblis) ke orang orang, makanya jadi ketua kontigen. Hoes before bros. Silahkan langsung ditanyakan kepada raden foto diatas di remake dari foto apa.

Nama : Aditya Rizki Auli Dwi Bangga. Nickname : Cadel. Nama Jalanan : Kasar (Kadit Sabi R). Anak kemaren yang gua temuin dari SBF sebelah. Hobi motor. Paling jarang bawa mobil dia yang sedan kekampus, soalnya dikaca belakang mobilnya ada sticker family stickman yang tulisannya, ayah mama abang adit abang angga syakira. Relationship : Complicated. Skill tambahan : TBS (Tau Bet Sela). Setahun kedepan akan mengemban amanah menjadi kadepor Fasilkom 2018 yang mana berarti dia akan makan kardus selama satu tahun dan semua motornya gak ada yang bisa jajan lagi.

ADEKNYA VAMIGA MICHLE SATRIA MUDA BRITAMA. Anak smansa bogor. Keturunan Perancis. Sempurna deh pokoknya. Sama dia satu satunya orang yang gapernah lupa sama semua ultah anak depor. Btw didepor surprise ultah nya yang paling meriah ya waktu dia ultah.

Kadepow. Kepala departemen olahraga wanita. Kalo nanyain apapun, dia harus jawab paling terakhir, soalnya kalo jawab duluan, pasti wanita wanita lain langsung idem. Keren, masih maba udah jadi kontingen basket, terus dulu sok strong banget ditolongin bawa barang barang gamau. Orang yang paling pertama jatuh cinta kedepor. Tapi maaf far, lo masih kalah keren dari rachel.

Seneng ternyata gua menyadari kalo anak smansa depok yang ampas gacuma gua WKWK. Selepas SMA, gua sadar kalo ternyata cuma gua difasilkom yang ga sesuai cetakan smansa. Yang ini jadi TOKI, yang ini lomba apa, yang ini jabatan apa, terus ternyata dari semua kesuksesan alumni smansa,  tiba tiba ada gua yang menyimpang dari cetakan. Wkwk. Seneng aja ternyata ada anak samnsa lainnya yang bisa depor!

Situkang bohong! Paling sering nyembunyiin masalah tapi akhirnya ketauan juga. Orang yang paling bikin shock, bahkan dari sebelom ada bidding depor grgr dia IKM pasif gitu grgr kesalahan nilai. Satu satunya yang sebelom wawancara depor, dia baca notulensi bidding gua. Paling keren memang selalu bolak balik depok jaktim kalo ada latihan renang.

Paling inget apapun. Auto notul. Duit aman. Proker paling dikit didepor. Pernah dibohongin sama wakadepornya sampe banting hape tendang segalanya wkwk. Bisa liat banyak hal. Litterally 'banyak' dan literally 'hal'.

Anak gabut sisesa yang ditemukan oleh temannya di lapangan futsal lalu diselamatkannya dari jurang gelap kegabutan. Anak batak yang ga keturunan china tapi dia masuk grup anak anak china di sekitar fasilkom dan menginisiasi diri sebagai china. Gapunya cewe. Punya blog yang lebih alay dari blog ini tapi udah diapus, mungkin dia sudah menyadari kalo isi blognya bisa dijadiin materi standup comedy. Bankir bitcoin. Pernah masukin duit semesteran kampus buat dijadiin bitcoin terus untung 9 juta. Dia bilang itu namanya jurus mental ruko.

Kenapa yang ini fotonya sendiri, soalnya gua gak punya foto yang sama sama pake baju se hot dia. WKWK. Makasih banget kepada orang banten sakti andalan gua ini yang selalu berhasil meredam amarah dan emosi gua selama setahun terakhir, Makasih juga buat Galaxy S8 nya yang udah lo jual buat nambel kekurangan duit Minat Bakat. Semoga cepet lulus dan semoga sholatnya tetep sering. Wkwk.


Gua punya ekspektasi yang cukup rendah awalnya, sejujurnya. Gua pernah ada di tim terbaik yang pernah gua rasain dalam hidup gua, terus tbtb semu orang ninggalin gua. Sendirian. Gua harus bangun semuanya dari awal lagi, dengan cara yang berbeda, dengan rasa yang berbeda,  orang yang berbeda, waktu dan tempat yang berbeda. Tapi dengan rasa yang gua harapkan sama.

Jujur, moveon dari tempat yang indah tuh susah banget, sejujurnya. Diawal gua memiliki dua ketakutan dan yang salah satunya adalah gua takut apakah yang gua akan bangun ini bisa lebih indah dari yang gua punya sebelumnya. Setahun yang lalu adalah salah satu dari beberapa saat saat terberat gua, dimana gua harus menciptakan replikasi dari tim terbaik gua pada saat itu. Gua harus menciptakan sesuatu yang baru, yang seharusnya bisa menyamankan gua dan menyamankan semuanya selama paling enggak satu tahun kedepan. Menentukan nama nama kalian itu mudah buat gua, mengkonfirmasi bahwa gua udah punya pengganti yang sebelumnya itu yang berat buat gua. Setahun yang lalu, gua orang pertama dari 13 orang lainnya yang paling cepet menentukan nama nama anak anak nya, tapi gua yang paling terakhir bilang, "Oke deh ini departemen gua". Gua senggak kuat itu, sejujurnya.

 Waktu berjalan, ketakutan ketakutan terlahir. Apa gua bisa begini, apa gua bisa begitu. Gua takut gabisa bikin tempat yang nyaman, gua gabisa bikin tempat yang aman, gua takut gabisa sebaik sebelumnya, gua takut gabisa jadi yang seharusnya, gua takut gabisa jadi diri gua yang lebih baik deri sebelumnya, gua takut ini gua takut itu. 

Gak seperti diawal awal gua membangun semuanya, sekarang fondasi udah jadi. Gua lagi bangun atap dan mulai nentuin dekorasi. Sekarang waktu udah gak berjalan, sekarang waktu berlari. Beratnya jadi gua pada waktu itu adalah, gua tau ujungnya bakalan kayak gimana. Ibaratnya gini, misalkan lo fullbody rafting di suatu sungai untuk pertama kalinya, lo bakalan nikmatin setiap inci dari petualangan lo, lo bakalan ngerasain jatoh bangunnya, ngerasain serunya kena arus, ngerasain berpengangan erat, ngerasain tenggelem, ngerasain lompat tinggi, ngerasain terbentur dan ngerasain banyak hal, terus tiba tiba waktu lo masih seru serunya, lo ga sadar kalo ternyata lo udah di ujung sungai dan lo terlalu telat buat sadar kalo lo telat untuk menikmati waktu waktu yang harusnya lebih dalam lo nikmatin. Sayangnya, ini fullbody rafting gua yang kedua di depor. Gua udah tau akhirnya. Gua udah tau dimana arusnya kenceng, dimana akan terbentur, dimana bakalan lompat tinggi, dimana bakalan manjat, dimana bakalan tenggelem, dimana bakalan ngerasain berpengangan erat, dan sayangnya gua juga udah tau dimana ujungnya.

Diawal banyak banget ketakutan yang gua rasain, karena gua takut, diawal waktu berjalan. Sedih karena gua sebenernya masih ditelan ketakutan, tapi gua jujur sangat senang, karena waktu cuma berjalan. Beberapa waktu udah terlewat, frekuensi udah mulai nyetel. Udah tau kalo Elvan orangnya mager, udah tau kalo Cadel kadang tempramen, udah tau kalo Faisal suka tidur kalo rapat, udah tau kalo Raden bucin (dan buncit), udah tau kalo Hotma bukan cokin, udah tau kalo kinu anak sultan, udah tau kalo ima dikatain item dan pendek sama orang dirumah, udah tau kalo faraya kadang kadang lupa pake kaos kaki, udah tau kalo ilmi jatuh cinta banget sama ukornya, udah tau kalo rachel gaboleh pulang malem kalo gak dianter, udah tau kalo Fajrin berantem sama cewenya pake bahasa inggris, kita udah ngerti satu sama lain. Gua seneng banget karena ketakutan ketakutan gua diawal ternyata gak terbukti, ternyata bisa nyiptain tempta yang nyaman buat semuanya, bisa jadi orang yang lebih baik dari sebelumnya dan bisa ini bisa itu, tapi kayak yang udah gua bilang tadi, gua udah pernah fullbody rafting sebelomnya, mata gua ga lepas untuk rutin ngeliat jam tangan gua, dan disitu gua sadar, kalo waktu udah gak berjalan, waktu sekarang berlari. 

Setengah perjalanan. Gua jatuh cinta. Tepatnya, gua baru sadar kalo gua jatuh cinta ke tiga belas hati diwaktu yang bersamaan. Gua gak kayak sebelumnya, gua sadar dan akhirnya membuat gua bingung kalo gua harus gimana. Gua mengingatkan diri gua, untuk menikmati setiap hari bersama mereka. Tapi ketika gua menikmati hari ini, disaat yang bersamaan gua sebenernya lagi ngebuang satu hari gua bareng mereka. Gua ada di titik dimana gua bingung harus seneng atau sedih. Gua punya Tiga ratus enam puluh lima permen, tiap kali gua makan tuh permen, gua menikmati permennya, tapi disaat yang bersamaan gua juga ngurangin jumlah permen yang ada. Gua bingung.

Olim dateng dan gua sadar kalo waktu gua tinggal tiga puluh hari lagi. Gua nikmatin hari ini, kayak gak ada hari besok bareng mereka. Bendera ketinggalan, gua pengen gua yang ngambil. Beli minum ke indomaret ke mipa, gua pengen gua yang beliin. Bawa atlet ke rumah sakit, gua pengen gua yang nemenin. Beli jersey buat kontingen, gua pengen gua yang nyariin. Gua pengen semuanya gua yang gerak, karena nunggu semua kebeli dan nonton pertandingan waktu terasa makin cepet kelewat.

Gua coba otak atik jam gua, ternyata emang waktunya tetep berjalan. Gua liat sekitar dan ternyata gua udah di ujung sungai. Gua diawal sempet lupa kalo ternyata ada hal yang gabisa gantiin hal lain. Gua terlalu bodoh untuk nyari jus yang lebih enak dari jus sebelumnya, tanpa sadar kalo jus ini dan jus sebelumnya punya rasa yang berbeda. Punya kadar enak dan nikmat yang berbeda. Ternyata semua udah kami lewatin. Rumah kami udah selesai dibangun. Dekorasinya udah selesai dipasang. Warnanya udah sesuai dengan yang kami mau. Gak ada dinding yang kosong tanpa foto. Gak bangku yang kurang diruang keluarga. Gak ada atap yang bolong buat nutupin kita dari kondisi diluar. Dan terasa manis dengan sepuluh medali pencapaian hebat kontingen dan dua kertas biasa yang diprint dan ditanda tangan terus dibingkai persembahan KI. 

...





Untuk Sang Waktu

yang setia bergulir terus melaju

Terimakasih atas tiga ratus enam puluh lima hari yang berlalu

Meminjamkan tiga belas detak jantung di setiap hari itu.




Untuk setiap Dekorasi

yang menempel setia pada setiap sisi

Terimakasih telah mempermanis rumah ini

Membuat setiap kenangan terasa abadi




Untuk kalian semua

yang setahun terakhir prioritasnya lebih tinggi dari akademis dan naurah

Terimakasih sudah mengizinkan gua untuk menemani selama ini

dan mohon maaf kalau gua hanya bisa menemani sampai sini.





...


Setelah Satu Tahun.

Kalian.


...



Kapan sesuatu dikatakan telah berakhir?

Ketika kau lebih merindukan memori yang berlalu

ketimbang orang - orang yang ada dihadapanmu.





maka biarkan diri ini terus tenggelam dalam rindu


kepadamu.

3 komentar: