Ramai

ramai/ra·mai/ a

 1 riuh rendah (tentang suara, bunyi): -- benar suara tembakan itu; 2 riang gembira; meriah: perjamuan itu -- sekali; 3 serba giat; sibuk (tentang pasar, perdagangan): belakangan ini pasar itu -- kembali; 4 banyak (penduduk, orang): kampung itu agak --; 5 banyak kendaraan berlalu-lalang: lalu lintas mulai -- menjelang lebaran;*

keramaian/ke·ra·mai·an/ n

1 hal ramai; keadaan ramai: ~ penonton di gedung sandiwara itu kadang-kadang mengganggu ketenteraman masyarakat2tontonan (perayaan dan sebagainya): untuk memperingati hari kemerdekaan, kita adakan ~ di setiap tempat*


Menurut gua, pikiran random sih wkwk, hampir semua orang bakalan setuju kalo gua bilang ramai adalah keadaan dimana suatu tempat atau keadaan didalamnya ada cukup banyak orang. Secara general, orang kebanyak me-label-kan ramai sebagai suatu keadaan dimana suatu tempat dalam keadaan padat, penuh dan sesak.

Menurut gua, ramai merupakan sebuah hal yang cukup relatif yang bisa disampaikan sama orang dengan presepsi dan pengertian yang beda beda. Maksud gua gini, ada si A sama si B yang mana dua duanya adalah penari balet. Tapi yang A biasa nari di panggung besar yang megah tapi si B biasa main dirumah doang. Ketika si B disuruh tampil di panggung yang penontonnya sebanyak 5000 orang, dia kemungkinan besar akan bilang kalo disana ramai. Tapi belom tentu sama A. Mungkin aja selama ini di tonton sama 100000 orang, dan keadaan 5000 orang akan dianggapnya sebagai sebuah keadaan yang gak ramai.

Setiap orang punya "ramai"-nya masing-masing dan hal ini gabisa di sama ratain satu samalain.

Sedangkan, keramaian secara intuitif bisa disetujuin hampir semua orang kalo itu adalah keadaan dimana kondisi disekitarnya ramai. Obvious. Tapi gimana tentang sepi?


sepi/se·pi/ a 

1 sunyi; lengang: duduk di tempat yang --; 2 tidak ada orang (kendaraan dan sebagainya); tidak banyak tamu (pembeli dan sebagainya); tidak ada kegiatan; tidak ada apa-apa; tidak ramai: sudah sepekan ini pasar karet --; negeri itu sudah --; 3 dianggap tidak ada apa-apa; tidak dihiraukan sama sekali: -- dari (gangguan, bahaya, dan sebagainya), tidak ada atau terlepas dari (gangguan, bahaya, dan sebagainya); tidak -- dari (gangguan, bahaya, dan sebagainya), selalu ada (gangguan, bahaya, dan sebagainya); tidak terlepas dari (gangguan, bahaya, dan sebagainya);*

kesepian/ke·se·pi·an/ n 

1 keadaan sepi; kesunyian; kelengangan: radio itu dipasangnya keras-keras untuk mengusir -; 2 perasaan sunyi (tidak berteman dan sebagainya);*


Sepi, make sense sih kalo gua bilang lawan dari ramai. Kalo ramai banyak orang, ya kalo sepi gak ada orang. Gitu aja. Yang cukup beberapa kali terlintas dipikiran gua itu tentang Kesepian. Soalnya gua mikir, menurut gua ya gabisa kesepian itu lawan dari keramaian.

Keramaian tuh keadaan dimana sekitar ramai, disebutnya keramaian. Beda banget sama kesepian. Kalo diliat dari definisinya, kesepian ngomongin perasaan. Simple nya gini, kalo lo sendirian diruangan yang gak ada pintu dan gak ada jendelanya, lo belom tentu kesepian. Mungkin lo menemukan keasyikan dan enjoy baca buku yang ada di ruangan itu misalkan. Atau mungkin kalo misalkan kampus lo liburnya waktu kampus laen udah masuk, jadi lo ke dufan sendirian, liburan sendirian, belom tentu lo kesepian, mungkin lo menemukan ke-enjoy-an dari liburan lo yang sendirian.

Tapi kalo emang kayak gitu, bukan gamungkin kalo berlaku seblaiknya. Gua bisa bilang kalo gak setiap orang yang ada ditengah keramaian bisa dijamin gak kesepian. Mungkin lo punya waktu dan duit buat ikut DWP misalkan, tapi emang waktu lo loncat loncat ditengah tengah ribuan orang, lo terhindar dari kesepian? Belom tentu menurut gua. Bakalan ada aja orang yang gak terobati kesepiannya.

Dari dua kasus yang ada, menurut gua kasus yang kedua lebih gaenak. Mungkin lo bisa enjoy sama diri lo sendiri dan ngerasa enjoy aja waktu lo sendirian dan gak ngerasa kesepian. Toh kalo lo ngerasa kesepian dan keadaanya lo lagi sendirian, itu wajar banget, dan rasanya ya...yaudah. Lo sendirian. Wajar kalo kesepian. Tapi yang gaenak, waktu lo ada di tengah tengah orang yang lagi enjoy sama apa yang ada disekitar lo dan disekitar mereka, tapi lo kesepian.

Gua gak tau gimana cara ngobatinya, cuma menurut gua kasus yang kedua jauh lebih berat dan bahaya. Entah kenapa...

Sama kayak sekarang.

Seringnya disini ramai,

Tapi gak jarang yang dateng malah "Kesepian"..






Huh, dasar keadaan...
* : Bersumber dari kbbi.web.id

0 komentar:

Posting Komentar